Jembatan Penyebrangan Orang




                Jembatan penyeberangan adalah fasilitas pejalan kaki maupun kendaraan bermotor yang ramai dan lebar atau menyeberang jalan tol dengan menggunakan jembatan, sehingga orang dan lalu lintas kendaraan dipisah secara fisik. Salah satu jembatan penyeberangan yang sedang dibangun adalah jembatan penyeberangan yang terletak di jalan tol cijago. Tol cijago adalah jalan tol yang menguhubungkan jalan tol cinere-jagorawi, jalan tol tersebut juga sedang dalam pembangunan tahap II,pembangunan jalan tol ini sudah berlangsung dalam waktu 3 tahun, pembangunan ini terhambat karena belum tuntasnya pembebasan lahan. Awalnya, lahan ini merupakan kebun dan perumahan warga sekitar. Jembatan ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan keselamatan pengguna 
jalan, khususnya pejalan kaki yang sedang menyebrangi jalan sekaligus melancarkan arus lalu lintas.





                Dalam pembangunan jembatan penyebrangan ini dibutuhkan kurang lebih 15 orang pekerja atau lebih, jumlah pekerja ditentukan tergantung dengan kondisi di lapangan. Jembatan dan juga jalan tol ini dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya. Banyak yang harus diperhatikan dalam membangun jembatan penyebarangan orang yaitu dasar perencanaan,metode perencanaan, standar ketinggian bagian bawah jembatan penyebrangan orang, lebar badan jembatan, gelagar dan lantai jembatan, sandaran, tumpuan, tangga, pilar, pondasi, sarana pembuangan air hujan juga harus diperhatikan.




                Dampak positif dari pembangunan jembatan ini antara lain dapat mempersingkat waktu untuk menyebrang tanpa harus menunggu jalan sepi, lebih aman sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas, dan juga dapat mengurangi kemacetan di jalan raya karena lintas tidak mengganggu pengendara dijalan raya.


                Jembatan penyebrangan tidak hanya memiliki dampak positif namun juga memiliki dampak negatif yaitu akan merasa kelelahan karena harus menaiki anak tangga yang berjumlah banyak, juga sering terjadi tindakan kriminal seperti pencopetan dan hipnotis, kondisi jembatan yang kurang terawat dan kotor sehingga membuat para pengguna jembatan penyebrangan kurang nyaman saat melewatinya, juga yang sering terlihat yaitu jembatan ini dugunakan sebagai tempat media kampanye para calon wakil rakyat.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERENCANAAN STRUKTUR JEMBATAN

PENGARUH PENAMBAHAN ZAT KIMIA PLASTISEMENT-VZ TERHADAP KARAKTERISTIK BETON

TUGAS ASPEK HUKUM DALAM PEMBANGUNAN